Tuesday, November 29, 2011

Jenis - Jenis Tepung Terigu

Sumber : Tabloid Nyata


Beberapa jenis tepung terigu :


1. TERIGU PROTEIN TINGGI ( HARD WHEAT )

Adalah tepung yang diperoleh dari gandum keras (hard wheat). Kandungan
gluten proteinnya) antara 11-13%. Tingginya kadar protein dalam tepung ini menjadikan sifatnya mudah dicampur, difermentasikan, memiliki daya serap air tinggi, elastis dan mudah digiling.

Dengan sifat tersebut terigu hard wheat sangat cocok untuk bahan baku pembuatan roti, mi, dan pasta karena sifatnya elastis dan mudah difermentasikan.

Di pasaran tepung jenis ini dijual dengan merk
cakra kembar atau kereta kencana.

2. TERIGU PROTEIN SEDANG ( MEDIUM WHEAT )

Jenis terigu ini mengandung gluten antara 10-11%. sebagian orang mengenalnya dengan sebutan
all-purpose flour atau tepung serba guna. Karena tepung ini bisa digunakan untuk membuat kue bolu, kue kering bahkan gorengan sekalipun.

Tepung jenis ini menjadi tepung serba guna karena terbuat dari campuran terigu protein tinggi dan protein rendah

Di pasaran bisa dijumpai dengan merk
segitiga biru dan gunung bromo.

3. TERIGU PROTEIN RENDAH ( LOW WHEAT )

Tepung ini terbuat dari gandum lunak yang kandungan glutennya hanya 8-9%. Sifat terigu protein rendah ini berdaya serap air rendah sehingga menghasilkan adonan yang sukar diuleni, tidak elastis, lengket dan susah mengembang.

Terigu jenis ini hanya cocok digunakan untuk membuat kue kering, biskuit, pastel dan kue-kue yang tidak perlu proses fermentasi.

Di pasaran tepung ini dijual dengan merk
kunci biru atau roda biru.

4. TEPUNG SELF RAISING

Ini adalah tepung siap pakai, karena telah di beri campuran bahan pengembang. Bahan pengembang yang biasa dicampurkan adalah baking powder dan baking soda. Dengan penambahan 2 jenis pengembang terseut sifat terigu menjadi lebih stabil dan siap pakai.

Jika sukar didapat, buat saja sendiri tepung self raising. Caranya campur 125 gram tepung terigu dengan 1 sdt baking powder dan 1 sdt baking soda. Ayak terigu dan siap digunakan. Self raising ini sangat cocok untuk membuat cake, muffin, kue kering.

5. TEPUNG ENRICHED

Adalah tepung terigu yang sudah ditambahi dengan beragam vitamin atau mineral tertentu dengan tujuan memperbaiki nilai gizinya. Biasanya harganya relatif lebih mahal. Tepung jenis ini cocok untuk kue kering dan bolu.

6.WHOLE MEAL FLOUR

Terbuat dari biji gandum utuh termasuk bungkus dan lembaganya sehingga warna tepung lebih gelap atau coklat muda. Sangat cocok untuk makanan kesehatan dan menu diet karena kandungan serat dan proteinnya sangat tinggi.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment